8 Tips & Tricks Suksesnya Startup

Oleh : Irene Vellys Flensyani

Membangun sebuah startup yang sukses merupakan mimpi dari setiap founder startup, namun dalam proses mewujudkan impian tersebut tidaklah semudah memimpikannya. Sejatinya untuk mencapai kesuksesan, seorang founder harus menggabungkan antara kerja keras dan kerja cerdas. Untuk menjadi cerdas berarti harus rendah diri, tidak mudah puas dan mau belajar dari pengalaman dan orang lain. Berikut JDV telah merangkum 7 tips & tricks untuk mewujudkan startup yang sukses.

  • Jadilah Founder yang Cerdas

Cerdas tidak terbatas pada bidang akademik dan skill semata. Founder yang cerdas tahu apa yang harus dibuat sekarang dan apa yang harus diperbuat di masa mendatang. Pencatatan goals dan progres merupakan komponen penting dalam perjalanan menuju keberhasilan. Lalu bisnis juga dapat berjalan lancar apabila  diimbangi dengan niat dan keseriusan sang founder, maka dari itu akan lebih baik bila para founder mencari bisnis yang sesuai dengan hal yang disukai dan dikuasai. Selain kemampuan teknis, seorang founder juga dituntut memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena komunikasi penting sebagai langkah awal dalam membangun tim yang solid. 

  • Buat Pondasi yang Kuat

Menentukan identitas perusahaan merupakan elemen yang penting. Nilai-nilai, visi dan misi harus diterapkan dengan sinkron pada setiap aktivitas dan perilaku individu dalam perusahaan. Karyawan perusahaan pun juga dituntut memiliki integritas yang tinggi. Integritas dan konsistensi ini dapat membangun kepercayaan orang lain pada perusahaan. Lalu sebuah perusahaan juga harus tahan banting dan cerdik. Resiko dan musibah memang tidak dapat dimusnahkan namun bisa diminimalisir dengan kewaspadaan dan persiapan yang matang.

  • Spesifikasi Target Pasar

Tidak semua orang dapat ditarik menjadi customer karena karakteristik dan kemauan setiap orang berbeda-beda sehingga tidak mungkin ada produk yang bisa memenuhi keinginan setiap individu. Oleh karena itu menyeimbangkan karakteristik pasar dan produk merupakan langkah yang penting agar kegiatan bisnis dapat berjalan efektif dan efisien. 

  • Berani Berinovasi

Memberikan pelayanan yang maksimal tidaklah cukup. Sebuah produk harus selalu berkembang mengikuti zaman dan kebutuhan pasar. Oleh karena itu, jangan takut untuk menuangkan ide-ide kreatif dalam menginovasi produk bisnismu. Cobalah berpikir dengan sudut pandang lain, dengan begitu produk itu memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

  • Lakukan Tes Pasar

Sebelum menjalankan bisnis dalam ranah yang besar, lakukanlah tes pasar. Hal ini penting untuk menguji coba apakah produk yang diproduksi sesuai dengan keinginan pasar. Setelah pengujian dilakukan, lakukanlah analisa. Apabila bisnis startup tidak menghasilkan sesuatu perkembangan dalam waktu 6 bulan maka perlu dicari titik permasalahannya. Begitu pula sebaliknya, bila startup menunjukkan tanda-tanda perkembangan selama uji coba 6 bulan maka berikanlah pelayanan yang maksimal dan perhatikan konsistensi.

  • Bangun Koneksi yang Baik

Membangun koneksi yang baik dan luas itu penting bagi pebisnis. Alasannya tentu dengan demikian ranah bisnismu bisa semakin luas. Untuk memperluas jaringan maka kerjasama dibutuhkan dan untuk bisa bekerjasama dengan banyak orang maka dibutuhkan pula teknik komunikasi eksternal yang baik. Selain itu, di zaman serba canggih seperti saat ini, pemilihan platform promosi bisnis juga penting. Manfaatkan media sosial yang ada untuk mengembangkan bisnis dan mencari relasi untuk bekerja sama.

  • Mau Berkompetisi dan Kenali Kompetitor

Setiap bisnis pasti memiliki kompetitor, hanya saja kuantitasnya yang berbeda-beda. Untuk itu seorang pemilik startup perlu mengetahui siapa saja kompetitornya dan faktor apa saja yang membedakan bisnisnya dengan kompetitor lain. Analisis kompetitor diperlukan untuk mencari celah dan peluang pasar agar startup yang dimiliki dapat berkembang. Hal yang harus selalu diingat adalah, memiliki jiwa kompetitif itu boleh karena dapat dijadikan sebagai motivasi, namun jangan pernah berpikir untuk bermain kotor karena kedepannya akan menyulitkan bisnismu.

  • Terbuka pada Kritik dan Saran

Tidak ada produk yang sempurna dan selera pasar selalu berubah-ubah. Untuk itu, sebuah startup harus terbuka pada kritik dan saran dari orang lain karena dengan begitu, bisnis dapat berkembang maju. Ingatlah bahwa keberhasilan adalah milik orang-orang yang mau berusaha dan senantiasa memperbaiki diri dari kesalahan yang pernah diperbuat.

Selain 8 tips & tricks tersebut, ada 5 hal yang perlu diingat karena membangun startup hingga mencapai kesuksesan itu berbeda dengan menjalankan bisnis yang sudah sukses. Adapun ke-5 hal tersebut adalah: be passionate, be flexible, be patient, tahu keterbatasan diri dan menghargai orang lain terutama pelanggan.

Well selamat mencoba dan semoga berhasil!

Referensi

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3166427/20-tips-sukses-bangun-bisnis-dari-nol

https://www.cermati.com/artikel/17-startup-sukses-milik-generasi-millenial-indonesia-ini-punya-5-tips-yang-bisa-ditiru
https://www.finansialku.com/kunci-rahasia-sukses-dalam-membangun-bisnis-startup/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *