IDeC, DBS, dan DDB Gelar Startup Goes to Market

 

1

Innovation & Design Center (IDeC), Divisi Business Service (DBS) dan Divisi Digital Business (DDB) Telkom Indonesia, menggelar kegiatan Startup Goes to Market, di Bandung Digital Valley pada tanggal 4 September lalu.

Kegiatan ini diadakan untuk mewujudkan komitmen Telkom dalam memajukan Kampung UKM Digital dan tentunya para start-up. Ini merupakan wujud dari tiga peran penting PT Telkom sebagai jembatan, saluran, dan akselerator bisnis start-up.

Sebagai rangkaian dari kegiatan Startup Goes to The Market, diadakan pula Focus Discussion Group yang melibatkan Start up company, TELKOM, dan komunitas UKM untuk melakukan eksplorasi market, menangkap peluang serta memahami kebutuhan dari komunitas tersebut.

Acara ini mempertemukan startup dari Indigo Incubator dan Accelerator yang terdiri dari Jarvis, Elkasa, Grosir Bersama, Warung Rakyat, GoPos, SasBuzz, dan Pershoenalize dengan 15 komunitas UKM dimana terdiri dari perwakilan dari Kp. UKM Makanan Ringan (Tangerang), Kp konveksi (skoci bandung), Kp Batik Trusmi (Cirebon), Kp Tenun (Samarinda), Kp. Sulaman Benang Emas (Pariaman), Kp bunga rawa belong (Jakbar), Kp Sanur (Bali), Kp Tenun Donggala (Palu), Kp kerajinan logam bejijong (Sidoarjo), Kp Tenun Troso (Kudus), Kp Wisata Borobudur Mandala Wisata (Magelang) , Kp Batik Laweyan (Solo), Kp Griya UKM (Jogja), Kp tas gadukan (Surabaya), dan Kp Perikanan Bah Coet (Sukabumi).2Acara startup goes to market dibuka oleh Senior Executive Account Manager Direktorat Ebis Ace yang menyampaikan Overview Program Startup Go To Market sebagai ajang untuk berbagai ide dan solusi aplikasi bisnis yang tepat. Turut hadir dalam acara tersebut, Senior General Manager IDeC Saiful Hidayat, Deputy SGM IDeC Moh.Riza Sutjipto, dan para Senior Leader di Telkom IDeC, DBS, dan DDB.

Kegiatan ini menjembatani komunikasi antara komunitas Kampung UKM Digital untuk menyampaikan kebutuhan aplikasi bisnis sesuai dengan eksistem bisnis di areanya masing-masing. Kemudian para startup akan menampung dan mengusulkan solusi aplikasi yang tepat bagi pelaku UKM.

Kampung UKM Digital merupakan rangkaian dari program BAGUS Indonesia, yaitu gerakan membina aspirasi 1 Juta UKM Indonesia melalui adopsi teknologi digital dalam mendukung program Pemerintah untuk kemajuan UKM Indonesia yang digagas Telkom.3Sharing yang di moderatori oleh Direktur Executive BDV Indra Purnama, pada sesi-1 diisi dari Penggerak ICT Kampung UKM Digital, yaitu Sony penggerak ICT Agro jamur, Adi BobotohFM dan Rizky dari YukBisnis. Sesi-2 diisi dengan sharing dari Penggerak ICT Kampung UKM Digital yaitu Eef Dewi Pariaman, Marnawi SkociBdg, dan Andri KadinBdg, mereka semua berbagi pengalaman dan manfaat ICT bagi bisnis UKM.

Melalui kegiatan Startup goes to market ini, diharapkan ada titik temu antara kebutuhan pelaku UKM dengan solusi digital yang disediakan oleh pelaku Startup, sehingga terjadi percepatan penyediaan total solusi integrated supply chain management oleh pelaku Start-up untuk pelaku UKM dalam satu Kampung UKM Digital.

4

 

Selanjutnya peserta kegiatan Startup Goes to Market yang terdiri dari komunitas UKM, Startup, IDeC, DBS, dan DDB dibagi atas 7 Focus Group Discussion untuk lebih bisa memetakan story dan permasalahan dari komunitas UKM. Kegiatan Startup Goes to Market ditutup dengan foto bersama dan penyerahan kue dalam rangka perayaan Hari Pelanggan, yang diwakili oleh Senior General Manager IDeC Saiful Hidajat, serta didampingi oleh Senior Executive Account Manager Direktorat Ebis Ace, dan para senior leader kepada perwakilan komunitas UKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *