Ulasan Startup Clinic w/ LesGood

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Startup Clinic

Kamis, 15 Juni 2017

Lesgood
Startup Clinic edisi bulan Ramadhan menghadirkan LesGood, yakni startup member baru di JDV yang diwakili oleh Mas Muhammad Imam Baihaqi Aba selaku founder sekaligus Chief Executive Operation (CEO) dari LesGood. Pada Kamis, 16 Juni 2017 yang lalu, LesGood membawa beberapa pertanyaan yang dibantu jawab oleh Mas Saga Iqranegara selaku mentor Program Indigo Creative Telkom milik PT Telekomunikasi Indonesia.

Di tengah kesibukannya mengerjakan tugas akhir di sebuah universitas swasta Yogyakarta ternyata tidak menghalagi semangat Mas Aba, begitu sapaan akrab dari CEO LesGood untuk semakin mengembangkan startupnya.

Terhitung satu tahun pada tanggal bulan Agustus 2017 mendatang, ternyata LesGood tidak dapat diremehkan begitu saja.  Aplikasi yang dikembangkan tim untuk membantu menjembatani para siswa dengan guru les ini sudah memiliki lebih dari 400 pengajar, lho! Info terkait LesGood dapat ditinjau di link berikut :  https://www.lesgood.com/ , aplikasinya pun sudah tersedia di Google PlayStore.

Dalam kegiatan ini, Mas Aba pun sekaligus meminta saran kepada Mas Saga terkait bagaimana cara marketing yang paling efisien untuk startupnya yang terbilang baru ini. Masalah marketing memang  menjadi suatu persoalan yang klasik bagi para para pengusaha tak terkecuali bagi para startup. Terlebih dengan menjajakan sebuah aplikasi, yang mana merupakan barang non fisik, para startup pun  lebih dituntut untuk memiliki strategi tersendiri untuk mencapai target pasar.

Bagaimana starteginya? Pertama, kita harus jelas mengetahui siapa target pasar yang utama.  Setalah itu baru kita dapat mulai memetakannya baik itu secara online ataupun offline. Tak perlu khawatir, jika ingin lowbadget kita bisa memanfaatkan group di berbagai media social ataupun media social kita sendiri. “Yang terpenting adalah menentukan target pasar dari LesGood terlebih dahulu”, begitu  saran dari Mas Saga yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Digital Startup di Jogjakarta.

Meski tampak sederhana, LesGood harus tetap menjaga kualitas pengajar mengingat aplikasi ini merupakan sarana yang menjembatani siswa yang membutuhkan tenaga pengajar di luar sekolah, atau akrab di telinga kita dengan “les”. Inilah yang mendasari mas Aba meminta saran kepada Mas Saga tentang bagaimana cara menjaga kualitas pengajar di LesGood agar senantiasa baik dan tidak mengecewakan siswa-siswinya.

Kualitas pengajar memang merupakan suatu komponen yang penting dalam LesGood sebagai ujung tombak layanan yang ditawarkan oleh LesGood itu sendiri kepada konsumen. Bayangkan jika pengajar yang terdaftar di LesGood tidak memiliki kualitas yang mumpuni sebagai pengajar, konsumen tidak akan percaya lagi dengan layanan dari tim Mas Aba. Salah satu cara yang wajib dilakukan adalah dengan meminta data curriculum vitae lengkapnya disertai dengan track record sehingga sudah nampak pengalaman mengajarnya selama ini.

Terlepas dari strategi marketing maupun kualitas pengajar yang harus selalu dijaga, produk dari LesGood pun lebih baik untuk difokuskan.   Hal ini dirujuk supaya produk akan lebih tepat sasaran ke konsumen. Perlu pula untuk dilikukan riset, mana saja produk yang paling mendatangkan revenue paling banyak. Tentunya hal ini tak hanya berlaku untuk LesGood melainkan untuk teman-teman startup enthusiast lainnya.

Dalam sebuah startup tentu terdapat tim yang mendukung jalannya usaha bisnis ini. Tentu diperlukan seorang leader yang hebat dan bijak untuk membantu mengelola sebuah tim. Yang menjadi pertanyaan, apakah dalam menjalankan sebuah startup tidak masalah jika hanya memiliki satu founder saja? “Tidak masalah mas”, terang Mas Saga. Asal single founder ini mampu untuk mengelola timnya dengan baik, kenapa tidak?

Dari kegiatan ini dapat kita simpulkan bahwa masalah marketing, kualitas layanan, produk dana manajemen startup merupakan beberapa poin yang penting dan harus diperhatikan oleh temen-teman startup dalam menjalankan bisnisnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *