TECHTALK: Basic Strategy to Make Your Platform Online with QWords

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

photo6084618776436910000

Untuk membuat website dan aplikasi Anda dapat diakses secara online banyak hal yang diperhatikan selain desain web atau apps itu sendiri. Hal mendasar yang seharusnya para pengembang online tahu antara lain pemilihan domain, hosting, dan server.

Pemilihan domain pada umumnya mengikuti nama brand yang diangkat. Pada umumnya, domain yang dipakai untuk bisnis adalah .com. Namun seiring berkembangnya waktu, banyak domain yang kita inginkan telah dipakai, dan juga penawaran menarik untuk ending domain seperti .co.id, .co, .biz, dan sebagainya, membuat kita bingung dalam menentukan nama domain. Bagaimana hendaknya kita memilih nama domain ini? Setelah menentukan domain, kita juga diminta untuk memilih hosting dan server. Seberapa besarkah server yang dibutuhkan, dan hosting apa yang cocok untuk website kita, personal-bisnis-korporat, ini juga membutuhkan pertimbangan yang sesuai dengan budget kita. Untuk tingkatan yang lebih lanjut, khususnya untuk website e-commerce atau platform yang bermain dengan data rahasia pengguna, dibutuhkan juga sekuritas tambahan dengan menggunakan SSL. Nah, bagaimana juga memilih SSL yang sesuai dengan kebutuhan kita?

Menurut Frenavit Putra (QWords Team), untuk menentukan bagaimana membuat platform kita online, kita hendaknya memahami terlebih dahulu jenis platform kita, apakah membutuhkan koneksi internet yang tinggi, data penyimpanan yang banyak, atau tingkat keamanan yang tinggi. Setelah itu, jangan lupa juga untuk memahami roadmap atau arsitektur teknologi yang jelas. Putra menyarankan untuk ecommerce atau bisnis yang memiliki sekuriti terkait dana berputar, hendaknya memiliki arsitektur teknologi yang sistematis, sehingga bisa membagi database kepada beberapa server.

Untuk permasalahan server, lokasi server juga menentukan kecepatan transfer data. Misalnya platform kita dikhususkan untuk di Indonesia, hendaknya memilih server hosting di Indonesia. Memang beda kecepatannya mungkin sekitar 30 milisecond, namun apabila banyak yang mengakses, akan berpengaruh. Selain itu, pemilihan server lokal juga lebih mudah terkait kecepatan komunikasi dengan penyedia layanan. Selanjutnya, tentukan fitur layanan sesuai kebutuhan, seperti kapasitas data, jumlah email, database, dan bahasa pemrograman.

Pada akhirnya, harga sangat menentukan. Namun menurutnya, harga tidak boleh menjadi faktor kompromi. Semakin bagus platform yang kita bangun, akan semakin mahal juga biaya yang dibutuhkan.

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *