Perubahan Kerja di industri Startup

Industri startup di tanah air saat ini memasukii fase baru. Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi menilai, jenis startup yang berkembang pesat yaitu seperti e-commerce, fintech dan travel industri sudah mulai sulit mendapatkan pendanaan. Apalagi bagi startup yang sudah berstatus decacorn. Sedangkan unicorn mungkin hanya sekadar tambahan dana.

Startup sekarang memasuki babak kedua. Arahnya pada adopsi dan solusi dengan layanan dan teknologi blockchain, internet of things, big data, artificial intelligence, robotika. Startup yang terkait hal tersebut yang sekarang peluang dapat pendanaan besar.

Sulitnya mendapatkan pendanaan baru, maka efisiensi menjadi harus di lakukan seperti Bukalapak yang mengurangi karyawannya. Heru juga mengatakan perusahaan startup tak lagi memberikan gaji yang besar untuk karyawan.”Efisiensi juga mulai dilakukan. Jumlah karyawan mulai dikurangi, gaji akan mulai rasional, cashback, promo, gratis ongkir berubah jadi gimmick dan menghindari bakar uang,” tuturnya.

 Heru mengatakan, jangan sampai para pekerja terjebak euforia startup. Ini di karenakan ekosistem tidak selalu  mendukung bisa berguguran. Di tambah lagi perusahaan startup RI masuk ke lini bisnis yang sama.

Sumber : https://finance.detik.com/read/2020/02/21/132539/4908574/1852/masa-masa-indah-kerja-di-startup-mulai-berakhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *