Milenial RI Ini Bangun Startup Berspirit Koperasi, Apa Sih?

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Nama Wafa Taftazani memang belum dikenal banyak orang, tapi pemuda ini pernah duduk di dekat Presiden Joko Widodo di Istana Negara dan bicara panjang lebar soal revolusi industri 4.0.

Lepas dari kesibukan karir pribadinya, Wafa Taftazani bersama Stanislaus MC Tandelilin (CEO) mendirikan start-up Modal Rakyat. Modal Rakyat merupakan start-up yang menyalurkan pinjaman modal ke usaha mikro dan usaha kecil & menengah dengan spirit koperasi. 

Selain Wafa dan Stanis, ada Christian Hanggra (Chief Technology Officer) dan Hendoko Kwik (Chief Sales Officer) yang ikut serta membangun Modal Rakyat.

“Kami ingin bikin platform produktif, yang bisa membuat orang buka bisnis, buka lapangan kerja, kembangkan ide dan produksinya. Empowering UM-UKM di Indonesia. Harus ke sana, karena ini masalah nyata ada ribuan triliun rupiah gap yang tidak bisa dipenuhi oleh perbankan formal untuk UMKM ini. Nah, Modal Rakyat hadir di situ,” ujar Wafa.

Mekanisme Modal Rakyat sendiri layaknya marketplace pada umumnya. Modal Rakyat menyajikan data pilihan dan risiko tiap UMKM. Maka pemberi dana bebas memilih penerima dananya sendiri.

Sedangkan untuk pendanaan, Modal Rakyat fokus di kota-kota besar yang memiliki excess capital, potensi uang diam di bank. Modal Rakyat fokus di digital marketing dan event-event offline, untuk sosialisasi.

Kemudian untuk seleksinya, dijalankan sesuai regulasi OJK (otoritas jasa keuangan), termasuk filtering untuk yang menerima pendanaan. Sama seperti institusi keuangan lainnya, Modal Rakyat melihat credit history, market, dan lainnya. Modal Rakyat juga memilki analis sendiri, lalu disistematisasi, sehingga lebih efisien dari bank. 

Mengutip situs Modal Rakyat, total pinjaman yang tersalurkan kini sudah mencapai Rp 48,5 miliar. Wafa memproyeksi hingga akhir tahun perusahaannya bisa menyalurkan hingga Rp 100 miliar. 

Selama ini yang jadi perhatian adalah soal ketimpangan ekonomi di mana kekayaan berpusat di kota-kota besar.  Platform ini meredistribusi uang-uang tersebut, mengumpulkan dan mendistribusi ke penjuru Indonesia.

sumber :
https://storage.modalrakyat.id/2019/07/e47ce6a0-af86-11e9-8e18-f55cd9bee1ff.jpg

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190909120622-37-98010/milenial-ri-ini-bangun-startup-berspirit-koperasi-apa-sih

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *