Menggali Potensi Bisnis Teknologi di Bidang UMKM

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dalam rangka memeriahkan acara International Council of Women, Jogja Digital Valley bersama DILo Jogja menyelenggarakan acara Talkshow selama tiga hari berturut-turut dengan tujuan menggali potensi bisnis teknologi di bidang UMKM. UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan salah satu bisnis yang mulai banyak diminati masyarakat di Indonesia. Pelaku bisnis ini tidak hanya kaum ibu-ibu atau orang dewasa saja, namun para pelajar dan mahasiswa juga turut andil mengambil bagian di bisnis ini. Produknya pun bervariasi, mulai dari kerajinan tangan, makanan, minuman, aneka fashion, alat-alat kecantikan, dan masih banyak lainnya. Setiap tahun jumlah pelaku bisnis ini semakin bertambah dan tersebar di berbagai pelosok tanah air. Yang masih menjadi PR dari UMKM saat ini adalah mencari media promosi yang tepat.

Dengan acara yang diselenggarakan ini harapannya dapat membuat potensi di bidang UMKM ini dapat terlihat. Hari pertama diawali dengan tema “Game sebagai tools media pemasaran product” dibawakan dua pemateri yang luar biasa dari Debora Lovita Christy Pakpahan  selaku Co Founder, Chief Finance & Marketing Officer of NED Studio. Pemateri kedua oleh Estu Galih Nur Pratiwi  selaku Co Founder & Game Artist of Noobzilla. Pemateri memaparkan bukan hanya pengalaman mereka di dunia game, selain itu mereka menceritakan juga hambatan yang selama ini dialami.

IMG_3879

Hari Kedua tidak kalah menarik dengan hari pertama, tema yang diangkat yaitu “Penyediaan platform digital untuk product umkm dan startegi b2b dengan umkm” yang disampaikan oleh Ivena A. dari start up Design for Dream dan juga oleh Bintang Aulianissa dari start up nyebar.id. Target audience di hari kedua ini adalah mahasiswa yang harapannya setelah mengikuti talkshow ini mahasiswa dapat menemukan peluang di bidang UMKM. Karena permasalahan yang umum ditemui, banyak dari pelaku usaha masih enggan mengenal teknologi internet untuk mengembangkan usahanya. Padahal pemanfaatan teknologi, informasi, dan jaringan internet semakin mudah dijangkau dan digunakan bahkan untuk orang awam sekalipun.

IMG_4075

Masyarakat Indonesia memiliki kreativitas yang beragam, hal itu sangat berpotensi membangun UMKM yang memiliki daya saing tinggi. Hanya saja sebagian orang tidak tahu cara membangun suatu produk menjadi dikenal dan punya potensi pasar yang luas dengan pemanfaatan teknolgi internet. Kondisi tersebut merupakan kesempatan yang kini dimanfatkan oleh para penggiat teknologi yang turut serta membantu para pelaku UMKM mengadaptasi layanan berbasis teknologi untuk menjalankan pemasaran secara online, sehingga dari hal ini bisa menciptakan ragam peluang baru yang menguntungkan. Dengan latar belakang ini di hari ketiga maka diangkat tema mengenai “Pemanfaatan teknologi untuk UMKM” yang dibawakan oleh Ika Mitayani dari KontenKece.com dan Glen Chandra selaku VP Product & Community, Co Founder Osman Indonesia.

02

07

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *