Kunjungan UNISNU JEPARA

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Antusias teman-teman dari Universitas Islam Nahdlatul Ulama’ Jepara (UNISNU Jepara) untuk mengenal lebih dalam perkembangan dunia IT dewasa inilah yang pada akhirnya membawa rombongan Kunjungan Industri untuk singgah di Jogja Digital Valley pada 23 Agustus 2017 lalu.

Sebagai HUB pelaku serta komunitas digital kreatif di Yogyakarta, Jogja Digital Valley turut membuka wawasan para peserta kunjungan industri dari UNISNU Jepara untuk memahami lebih dalam lagi terkait perkembangan IT serta manfaatnya di dunia yang serba digital ini. Selain itu, kami juga turut membuka mata teman-teman tentang fenomena startup yang seakan semakin tumbuh dan berkembang di dunia industri.

Pengetahuan umum tentang Jogja Digital Valley dan Program Indigo tentu menjadi bahasan utama bagi para peserta untuk memantik diskusi yang lebih mendalam lagi tentang perkembangan IT dan startup di sesi setalahnya. Mengapa perlu dijelaskan Jogja Digital Valley dan Indigo? Apa kaitannya dengan perkembangan IT dan startup yang terjadi saat ini?

Perlu diketahui bahwa Jogja Digital Valley dibangun oleh PT Telkom untuk merangsang pertumbuhan industri kreatif digital di Indonesia khususnya di Yogyakarta. Hal ini merupakan inisiatif dalam mengembangkan ekosistem yang diharapkan menjadi titik awal untuk mendukung percepatan penetrasi ICT di Indonesia. Hal ini tentu selaras dengan perkembangan ICT dewasa ini yang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat, khususnya industri kreatif di Yogyakarta. Sedangkan startup sendiri merujuk pada istilah Usaha Kecil dan Menengah yang seiring dengan berkembangnya teknologi, UKM yang bersifat digital kemudian lebih akrab disebut sebagai startup.

Untuk menunjang pertumbuhan indsutri kreatif digital di Yogyakarta, Jogja Digital Valley menyediakan free co-working space yang dipertuntukkan khusus penggiat digital kreatif. Ditunjang dengan fasilitas lain seperti meeting room dan gadget room, diharapkan penggiat digital IT dapat semakin mengembangkan kreasi dan potensinya di bidang tersebut. Selain itu, JDV juga menyediakan space untuk melakukan kegiatan seperti seminar, pelatihan, technology talk, business talk hingga practice pithing session yang dapat dimanfaatkan oleh member ataupun masyarakat umum untuk menggali informasi lebih dalam dunia IT dan digital kreatif.

Lalu apa keterkaitan Indigo dalam hal ini? Sebagai program utama yang diinisasi Telkom untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif digital di Indonesia, program tersebut memfasilitasi pengembangan bagi perusahaan startup untuk mendapatkan bimbingan dari berbagai expert mentor baik itu dalam skala lokal, nasional hingga internasional. Ruang kerja dan market access pun juga menjadi keuntungan lain dengan mengikuti program Indigo Creative Nation. Yang tak kalah penting, program ini juga menyediakan pemberian modal sampai dengan 2 M bagi startup yang telah lolos kualifikasi. Dapat dikatakan bahwa ini merupakan kesempatan emas bagi perusahaan startup untuk memenangkan pasar lokal, nasional maupun internasional bersama-sama dengan Telkom, seiring dengan berbagai inovasi dan kreasi berbagai solusi ICT yang muncul melalui program tersebut.

Berikut dokumentasinya :

1

2

3

4

5

6

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *