Kunjungan SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kamis, 26 April 2018 merupakan kedua kalinya SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk datang ke JDV untuk berbagi ilmu terkait perkembangan dunia IT dan digital dewasa ini.

7

Kunjungan nya yang kedua kali ini spesial karena teman-teman dari SMK Muhhamadiyah 1 Nganjuk tidak hanya berbagi pengetahuan dengan management JDV, namun juga dapat berdiskusi langsung dengan teman-teman DILo Yogyakarta. Peserta yang masih duduk di kelas 10 jurusan Rekayasa Perangkat Lunak pertama-tama kami ajak berdiskusi soal apa yang akan selanjutnya dilakukan selepas lulus dari SMK. Rupanya sebagaian besar teman-teman ini langsung ingin bekerja bahkan mendirikan usaha sendiri, dibandingkan melanjutkan studinya di universitas. Para siswa rupanya ingin segera dapat mandiri secara finansial.

Sangat menarik karena teman-teman memiliki semangat untuk memiliki usaha sendiri suatu saat kelak. Untuk itu kami turut mendorong semangat mereka dengan mengenalkan kelebihan dari individu yang cakap dalam bidang digital dan IT dewasa ini, pada jaman yang sangat melek akan IT tentunya. Itu merupakan poin plus yang kami coba sadarkan ke teman-teman peserta kunjungan. Harapan kami, perkembangan teknologi dan IT yang ada, kemudahan akses dan fasilitas yang kini semakin ramah terhadap masyarakat ditambah basic knowledge mereka di bidang digital IT dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya mulai dari sekarang hingga esok mereka semakin bertambah dewasa.

Baik dari JDV maupun DILo tentu mendukung upaya dan niat mereka untuk dapat segera mandiri secara finansial memanfaatkan bekal yang dipunya. Tanpa mengikut campuri keputusan mereka terhadap masa depan, kami juga sekaligus menyampaikan saran untuk mereka tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mengingat persaingan dalam dunia kerja yang semakin ketat. Toh, jika ingin tetap memiliki pekerjaan selepas SMK dan mencoba berbisnis sendiri, kuliah tetap bisa dijalankan. Jadi sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Pendidikan dan kerja dapat berjalan secara beriringan. Dan yang paling menyenangkan pada sesi awal ini, teman-teman rupanya setuju terhadap masukan dari kami. Guru-guru yang mendampingi kunjungan ini pun mengangguk angguk tanda setuju dengan yang sedang kami bicarakan, saat itu.

Tak lupa, baik DILo ataupun JDV mengenalkan program ataupun kegiatan yang dilaksanakan selama ini. Kami juga turut mengenalkan program inkubasi startup milik Telkom yakni Indigo Creative Nation. Kami jelaskan apa saja keuntungan yang di dapatkan dan ternyata banyak juga yang tertarik untuk kelak dapat mengikuti program ini. Ada juga siswa yang menanyakan terkait DILo dan bagaimana caranya jika ingin mengikuti kegiatan yang ada di DILo terdekat dari Nganjuk.

Sesi dari JDV dan DILo akhirnya selesai dan dilanjutkan oleh pengenalan startup dari teman-teman Restoku. Restoku yang diwakili oleh Mas Ageng pertama-tama mengenalkan tentang serba-serbi startup, mulai dari apa itu startup, bagaimana cara membentuk startup dan selanjutnya. Setelah memberi pengenalan awal terkait startup, Mas Ageng turut mengenalkan produk yang dikerjakan oleh Restoku.

Tak terasa sudah hampir dua jam kegiatan kunjungan industri berlangsung. Setelah sesi tanya jawab, acarapun ditutup. Teman-teman diajak untuk berkeliling JDV dan melihat aktivitas bekerja di co-working space. Setelah puas berkeliling JDV, akhirnya kami melakukan foto bersama dan teman-teman pun kembali melanjutkan perjalanan kunjunga industri.

Berikut dokumentasinya :

1

2

IMG_2448

3

5

8

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *