Kelebihan dan Kekurangan dari Tren Fitur “Dark Mode”

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dark mode atau mode gelap yang kini sedang menjadi fitur tren di beragam aplikasi (Chrome, Google Maps, Youtube), media sosial (Twitter, Instagram), hingga pada sistem operasi ponsel (iPhone iOS 13 dan Android 10) serta komputer sekalipun (MacOS Mojave dan Microsoft Office). Mode gelap ini biasanya memberikan tampilan latar belakang berwarna hitam atau abu-abu dengan teks berwarna putih. Lalu, apa sebenarnya kelebihan mode gelap bagi pengguna?

  • Daya tahan baterai lebih lama.

Dilansir dari Forbes, penelitian pada penggunaan mode gelap menunjukkan baterai ponsel mampu bertahan lebih lama namun hanya berlaku bagi ponsel dengan lanyar OLED (organic light-emitting didode) yang telah diadaptasi oleh iPhone X, iPhone versi terbaru, Samsung Galaxy seri S, serta Google Pixel. Pada saat pengguna mengaktifkan mode gelap, sebagian besar piksel pada layar OLED akan mati sehingga baterai menjadi lebih hemat.

Semenatara melansir dari Wired, penghematan ini baru terasa bagi perangkat berlayar LCD jika mode gelap yang ditawarkan benar-benar menggunakan warna hitam murni.

  • Tampilan yang lebih menarik.

Mode gelap biasanya memberikan tampilan visual yang lebih menarik karena teks ataupun tampilan visual yang berwarna akan terlihat menonjol dengan latar yang lebih gelap.

  • Nyaman bagi mata.

Penggunaan mode gelap dianggap memberikan kenyamanan pada mata pengguna. Hal ini diyakini oleh Apple saat merilis mode gelap untuk MacOS Mojave, perusahaan itu menganggap mode ini membantu konsentrasi.

Dari ketiga kelebihan dari mode gelap tadi, namun ternyata mode gelap ini dirancang bukan untuk semua orang karena tak semua orang merasa nyaman dengan fitur ini. Penelitian menunjukkan mode gelap tak cocok bagi mereka yang perlu membaca cepat, mengoreksi tulisan, serta memiliki mata silinder.

Riset dari Universitas Passau menyebutkan bahwa pembaca akan membaca teks lebih cepat apabila menggunakan layar putih dan dapat mendeteksi kesalahan penulisan dengan cepat. Sementara penelitian dari University of British Columbia menunjukkan bahwa mode gelap ternyata cukup menyulitkan bagi orang yang memiliki astigmatisme atau mata silinder karena biasanya sulit mendeteksi garis lurus, kesulitan membedakan warna, sensitive terhadap cahaya dan pandangan kabur.

Nah, setelah mengerti kelebihan dan kekurangan dari tren dark mode, kamu bisa lebih selektif dan menyesuaikan kondisimu yah!

Sumber Referensi : https://cnnindonesia.com/teknologi/20191014074639-185-439189/dark-mode-lagi-tren-berikut-kelebihan-dan-kekurangannya

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *