KICK OFF-HACKATOWN #JOGJA by FACEBOOK DEVC

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

 

KICK OFF HACKATOWN # JOGJA

Jogja Digital Valley – 05 November 2017

Hackdays merupakan bagian dari kegiatan Facebook Developer Circles Community Challenge (https://developercircles.devpost.com), yakni sebuah kegiatan dari Facebook yang bertujuan untuk mengajak para developer menyelesaikan sebuah permasalahan nyata di lingkungan sekitarnya. Tak lepas dari DevC Community Challenge yang telah mancakup ke ranah global, kegiatan ini akan dilaksanakan hampir di setiap kota local dimana DevC bernaung dengan objektif untuk mendorong para pengembang lokal supaya dapat berpartisipasi dalam  tantangan global komunitas DevC. Di Jogjakarta, kami menggunakan istilah Hackatown sebagai judul kegiatan Hackdays tersebut.

Kegiatan Kick Off HackATown #Jogja hari ini dibuka oleh Bapak Indra Haryadi selaku Facebook DevC Community Jogja Lead untuk menjelaskan tentang “Hackatown dan Peraturannya”. Yang tak kalah spesial, Elisha Tan selaku Facebook Developer Programs Regional Lead-APAC hadir untuk memberikan penjelasan terkait Developer Circle Community Challenge. Peserta yang turut berpartisipasi ternyata melebihi dari target panitia, yang semula hanya 80, sedangkan hari ini terdapat 120 peserta. Alhasil, telah terbentuk 19 tim yang dapat mengikuti kegiatan Hackatown #Jogja selama satu pekan ini. Berimbang dengan peserta dengan latar belakang mahasiswa, ternyata 50% dari peserta Hackatown tersebut merupakan pemain lama dalam industri digital & IT.

Sebelum memasuki sesi “Pitch The Problem”, yakni presentasi di hadapan para mentor dan teman-teman developer lainnya, peserta diberikan sebuah sesi “Brewing Idea dan Team Creation”. Berawal dari mencari sebuah permasalahan di Jogjakarta, tim diberikan kesempatan untuk memvalidasi permasalahanny serta menyusun solusi sambil berkonsultasi dengan para Mentors yang hadir dalam kegiatan hari ini. Adapun,  expert mentor kami dalam KICK OFF DAY (05 November 2017) ini tidak hanya meliputi mentor lokal dan nasional, melainkan juga mentor global, seperti :

  1. Elisha Tan, Developer Program Regional APAC- Facebook (Singapore),
  2. Michael Hall, Community Manager – Endless OS (San Fransisco, US) ,
  3. Deny Prasetyo, GO-JEK (Jakarta),
  4. Delta Purna Widyangga, CEO Qiscus (Jakarta),
  5. Sony Rachmadi Purnomo, Director (RunSystem),
  6. Prasetyo Herlembang, Lead Dev Team Mindo Solution, dan
  7. Angki Anggodo, Endless Indonesia

Peserta tak hanya diberikan bekal untuk menyusun solusi dari permasalahan yang diangkat, namun juga diberikan contoh langsung dari tim mentor global, Endless OS. Endless OS berserta tim memberikan contoh nyata melalui kesempatannya dalam sesi Tech Talks pada Kick Off hari ini. Bagaimana mereka mengambil permasalahan “lack of technology” yang masih terjadi di daerah rural dapat diselesaikan melalui Operating System dari Endless yang dapat diakses dengan gratis, ditambah dengan banyaknya konten pengetahuan yang dapat diakses bahkan tanpa menggunakan internet, sekiranya dapat mendorong semangat para peserta untuk dapat menjadi penyelesai masalah seperti yang telah Endless lakukan.

Acara Kick Off hari ini pun ditutup oleh Bapak Indra Haryadi. Berakhirnya kegiatan hari ini sekaligus menjadi permulaan bagi kegiatan Hack It Days yang dapat dilaksanakan mulai dari tanggal 06 hingga 11 November 2017 sesuai dengan kebutuhan setiap tim. Pada akhirnya seluruh peserta akan dipertemukan kembali dalam pada 12 November 2017 untuk Final Pitch di Jogja Digital Valley.

Untuk detail informasi terkait Hackatown Jogja, dapat kunjungi laman berikut :  bit.ly/hackatownjogja

Berikut dokumentasinya:

3

5

6

16

18

20

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *