Founder Session “Design System”

Siapa sih yang gak tau event rutinnya Jogja Digital Valley, iya founder session. Di bulan ini Founder session Jogja Digital Valley mengangkat tema “Design System”. “Design system adalah investasi. Banyak perusahaan tidak mempekerjakan orang untuk fokus pada design system sampai akhirnya mereka terlambat untuk menyadarinya”- kata Diana Mounter.

Jika branding value produk digital fokus pada:

  • Pengalaman pengguna (user experience) yang dibuat dengan baik
  • Environment yang konsisten dan mudah digunakan untuk para desainer
  • Problem-solving yang solid dan serbaguna

Design system terdiri dari dua hal: library dan dokumentasi. Aset visual, logo, font, warna. Design system juga mencakup komponen UI, dokumentasinya, dan code snippets untuk memudahkan developer menggunakannya di seluruh produk yang ada. Ini adalah aturan, batasan, dan prinsip yang diterapkan dalam desain dan kode.

Elemen-elemen ini berlaku untuk semuanya – warna, tipografi, spasi, dan tata letak. Menariknya, design system juga harus mencakup elemen-elemen non-visual seperti nada suara, kosa kata, tata bahasa, dan isyarat audio.

Nah karena pentingnya pengetahuan mengenai design system inilah Jogja Digital Valley mengundang Bapak Afif Bimantara sebagai pemateri di acara sharing session tanggal 17 Desember 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *