Fitur Notifikasi Android 10 Mirip Facebook

Pengguna Facebook pasti tidak asing dengan fitur  “chat head” yang menampilkan notifikasi, berbentuk balon obrolan  yang muncul dengan tampilan mengapung di layar ponsel setiap ada pesan Messenger baru. Ternyata Android 10 juga memiliki fitur serupa untuk menampilkan notifikasi.

Di Android versi 10 sudah bisa diaktifkan secara manual di Settings > Developer Options > Bubbles. Dengan mengaktifkan bubble notification, aplikasi-aplikasi tertentu seperti Messages bisa menampilkan notifikasi lewat “balon” yang mengapung di layar serupa chat head Facebook. Melalui bubble notification, aneka notifikasi pun bisa langsung terlihat di depan mata pengguna sehingga notifikasi apapun tidak akan terlewat, meskipun ini dapat pula dirasa mengganggu. Untungnya, Google menyediakan opsi untuk mematikan bubble.

Seperti menghapus widget, bubble bisa dienyahkan dengan cara menggesernya ke bagian bawah layar dan juga bisa digeser-geser agar berpindah tempat di layar. Google sedang menguji fitur bubble notification agar para pengembang aplikasi siap memanfaatkannya mungkin di Android 11.

Sumber : https://tekno.kompas.com/read/2020/01/02/07490037/android-10-diam-diam-punya-fitur-notifikasi-mirip-facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *